Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Sebelum mempejari lebih lanjut mengenai ekonomi, ada baik nya admin mengajak para pembaca untuk mengenal apa itu yang dinamakan ekonomi dan apa itu yang dinamakan ilmu ekonomi. langsung saja kita bahas mengenai ekonomi dan ilmu ekonomi.

Ekonomi
                                    
                                        Hasil gambar untuk ekonomi
Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani,yakni oikonomia, yang terdiri dari 2 kata yaitu oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan, aturan dan hukum. Jadi, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa oikominia adalah aturan masyarakat sebagai hukum kodrat yang menetapkan rumah tangga yang baik. Namun ada juga para ahli ekonomi yang memberikan pengertian mereka sendiri mengenai ekonomi diantaranya :

* Adam Smith mengatakan bahwa ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya          kekayaan negara 

* J.S Mill, mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.

* J.B Say berpendapat bahwa ekonomi sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan    kekayaan.

*  Alfred Marshall mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha             mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dengan pencapaian dan penggunaan     kesejahteraan material.

* Menurut Penson, ekonomi adalah ilmu kesejahteraan material.

* Sedangkan Lionel Robin mengatakan bahwa ekonomi adalh ilmu ynag mempelajari  perilaku              manusia sebagai kaitan antara tujuan dan sarana langka yang mempunyai alternatif kegunaan.

Ilmu Ekonomi 
                                 
                                    Hasil gambar untuk transaksi ekonomi

setelah kita membahas apa itu ekonomi, selanjutnya admin akan membahas apa itu ilmu ekonomi.
Menurut beberapa ahli, Ilmu ekonomi memiliki beberapa pengertian diantaranya : 

* Menurut Richard G. Lipsey, Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber          daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tifak terbatas.

* N. Gregory Mankiw berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara    masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.

* Robert B.Ekelund Jr. Dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang      mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan tak terbatas memilih untuk      mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

* Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang      dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa mmenggunakan uang, dalam menggunakan        sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk                    menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk                keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam            masyarakat.


Selamat Membaca apa sivitas akademika!
Terus Belajar dan Belajar Terus.

Komentar

  1. Makasih infonya mas, kunjungi juga blog saya di www.jalanbadak.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ilmu ekonomi

Tokoh-tokoh Ekonomi Dunia dan Indonesia