Pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ilmu ekonomi

Oke, setelah membahas mengenai pengertian ekonomi dan ilmu ekonomi kali ini kita akan membahas mengenai pembagian ilmu ekonomi dan prinsip-prinsip ekonomi, sebelumnya admin mau tanya nih, apakah kalian sudah mengetahui mengenai pembagian ilmu ekonomi dan prinsip-prinsip ekonomi, jika belum tau, lebih baik smak pembahsan berikut ini.

Pembagian  Ilmu ekonomi berdasarkan subjeknya

Hasil gambar untuk pembagian ilmu ekonomi

Menurut Stoiner dan Hague, berdasarkan subyeknya ekonomi dapat kita kelompokan menjadi ekonomi deskritif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan.

Ekonomi Deskriptif adalah kegiatan mengumpulkan informasi-informasi faktual mengenai masalah ekonomi. Dengan kegiatan ini, kita memperoleh sejumlah pengetahuan tentang fakta-fakta atau data empiris yang ada.

Teori Ekonomi adalah bagian dari ilmu ekonomi yang bertugas menerangkan hubungan antar peristiwa-peristiwa ekonomi dan merumuskan hubungan-hubungan tersebut dalam suatu hukum atau teori ekonomi. Teori ekonomi terbagi atas ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi mikro adalah bagian ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasiakan sumber daya yang terbatas.

Ekonomi Terapan merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi deskriptif sebagai solusi bagi masalah-masalah praktis. yang termasuk kelompok ekonomi terapan adalah ekonomi industrial, ekonoomi manajerial dan ekonomi pertanian.

ekonomi terapan antara lain menggunakan teori ekonomi pengukuran, metode analisis stastistik, dan ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi. ekonometrika adalah  seperangkat metode stastistika yang meungkinakan ekonom menguji hipotesis dengan mmenggunakan data dari lapangan. ekonometrika berbeda dengan metematika ekonomi. matematika ekonomi membahas penerapan matematis pada aspek-aspek teoritis dari analisi s ekonomi.

Ilmu ekonomi, menurut Robert A. Mundell, tampaknya berlaku untuk setiap sudut dan celah pengalaman hidup manusia. hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan praktis manusia sampai kewajiban moral manusia dalam kegiatan ekonomi menjadi perhatian ilmu ekonomi. Hal ini menunjukan bahwa ruang lingkup ekonomi sangat luas, kondisi ini membuat para ahli ekonomi membuat spesialisasi dalam ruang-ruang linkup ekonomi yang lebih khusus, hal ini membuat ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi 8 cabang ilmu ekonomi berikut ini :

Ilmu Ekonomi Moneter adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembag keuangan lainnya. Berbagai aspek yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan hal hal tersebut, seperti inflasi, jumlah uang beredar, dan tingkat suku bunga, di bahas pada cabang ilmu ekonomi ini.

Ilmu Ekonomi Publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakn pemerintah dalam perekonomian. hal-hal yang dibahs antara lain APBN,APBD, utang pemerintah, pajak,dan retribusi.

Ilmu ekonomi industri adalah cabang ilmu ekonomi yan memfokuskan pembahasan pada interaksi berbagai perusahaan di dalm suatu industri. interaksi tersebut dapat berupa persaingan usaha,kinerja perusahaan, atau kartel. pembahasan pada cabang ilmu ekonomi ini termasuk dalam lingkup ekonomi mikro.

Ilmu Ekonomi Internasional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatan perekonomian antarbangsa atau antarnegara. kegiatan perekonomian tersebut dapat berupa transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara dan neraca pembayaran.

Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang antara lain membahs tentang interaksi ekonomi antarwilayah dan proses perkembangan suatu wilayah.

Ilmu ekonomi SDA adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas maslah dan alokasi sumber daya alam yang optial menurut ekonomi. pokok bahasan pada ilmu ekonomi ini di antaranya adalah eksternalitas positif dan negatif.

Ilmu ekonomi SDM adalah cabang ilmu ekonomi yang membahs faktor produksi tenga kerja. pembahsan pada cabang ini antara lain adalah masalh pengangguran, upah minimum, dan tingkat pendidikan calon tenga kerja.

Ilmu ekonomi syariah bertujuan untuk menerapkan ekonomi islam pokok pembahsan dalam cabang ilmu ekonomi ini antara lain adalah prinsip bagi hasil, panghapusan riba dalam perekonomian, dan zakat.

PRINSIP EKONOMI

setiap cabang ilmu ekonomi memperhatikan kegiatan ekonomi dari sudut pandang pengetahuannya masing masing. kegiatan ekonomi adalah setiap langkah yang dilakuakn manusia dalam perekonomian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

Kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam, sedangkan jumlah sumber daya untuk memnuhi kebutuhan itu sangat terbatas. situasi ini mendorong manusia untuk bertindak dengan cara yang rasional. mereka berusaha mengguanakn suber daya yang terbatas dengan pengorabanan yang sekecil mungkin. usaha seperti ini tidak terlepas dari prinsip ekonomi.

Prinsip ekonomi menurut mankiw adalah dasar berfikir yang digunakan manusia untuk memaksimumkan suatu tujuan melalui pengorbanan tertentu, atau untuk mencapai tujuan tertentu dengan pengorbanan sekecil mungkin,  Prinsip ini menjadi pedoman bagi setiap pelaku ekonomi dalam melakukan kegiatan ekonomi.

penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi tentu saja sangat bermanfaat. manfaatnya antar alain  sebagai berikut :

1. hasil yang diperoleh semaksimal mungkin.
2. kemampuan,alat, dan modal yang digunakan secukupnya
3. risiko kerugian diperkecil
4. pemborosan dapat dihindari.

Prinsip ekonomi dalam produksi, distribusi dan konsumsi

Produksi

1. Menekan biaya produksi
2. Memperbanyak hasil produksi
3. Menekan biaya jasa
4. Berfikir rasional dan tepat.

Distribusi

1. Amati konsumen
2. Memperbesar wilayah pemasaran
3. Memperhatikan strategi pemasaran

Konsumsi 

1. Membuat skala prioritas
2. Memilih barang berkualitas baik dengan harga murah
3. Berusaha memperoleh barang dengan harga murah.



Terima kasih,

Penulis : Reza Surya Permana

Referensi ;
1. Alam/ Rudianto, ekonomi untuk SMA/MA kurikulum 2013 kelompok peminatan.
2. Pemikiran admin sendiri :v





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Tokoh-tokoh Ekonomi Dunia dan Indonesia